Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Menjaga Kesehatan Tulang dari Osteoporosis

Penyakit osteoporosis tidak hanya menyerang lansia saja, melainkan bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya untuk gejala osteoporosis yang muncul ini terjadi secara bertahap, sehingga penting untuk dicegah sejak usia muda.

Menurut pafikotamuarabungo.org, penyakit yang menyebabkan pengeroposan tulang ini harus dihindari sejak dini dengan berbagai macam cara. Agar tidak menyesal di kemudian hari, Anda harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan tulang dari osteoporosis berikut ini!

Menjaga Kesehatan Tulang dari Osteoporosis

Menjaga Kesehatan Tulang dari Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang berhubungan dengan berkurangnya kepadatan tulang hingga menyebabkan tulang menjadi keropos dan rusak.

Mengingat osteoporosis berdampak buruk bagi kesehatan tulang, memungkinkan Anda untuk menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan pengeroposan tulang. Adapun terdapat beberapa cara untuk bisa menjaga kesehatan tulang, yakni sebagai berikut:

1. Rutin Olahraga

Untuk menghindari penyebab osteoporosis, sebaiknya Anda harus rutin berolahraga sejak usia muda. Jika tubuh aktif bergerak dan melakukan olahraga, maka akan meningkatkan kepadatan tulang.

Dalam hal ini, Anda bisa mulai mengatur jadwal olahraga secara rutin di setiap harinya. Dengan menjaga kesehatan tulang di usia muda, maka risiko terkena penyakit osteoporosis pun akan semakin kecil.

2. Konsumsi Vit D

Gejala osteoporosis seringkali muncul akibat tubuh yang kekurangan vitamin D. Mengkonsumsi vitamin D mampu untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam penyerapan kalsium dan kadar fosfor.

Kalsium dan fosfor merupakan faktor utama yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi vitamin D yang cukup, maka akan mampu menunjang kekuatan tulang dan menghindari osteoporosis.

3. Penuhi Kebutuhan Kalsium

Pencegahan osteoporosis selanjutnya yaitu dengan memenuhi kebutuhan kalsium. Memiliki peran penting dalam memperkuat tulang, kalsium harus dicukupi demi menjaga kesehatan tulang Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium, seperti sereal tinggi kalsium, produk olahan susu rendah lemak, olahan kedelai, sayuran hijau, kacang almond, dan sebagainya.

4. Melakukan Skrining

Untuk menghindari munculnya gejala osteoporosis, Anda bisa melakukan skrining secara berkala. Tujuan melakukan skrining ini untuk mengetahui dan mengevaluasi kemungkinan terjadinya osteoporosis pada tulang Anda.

Nantinya tes ini akan mengukur jumlah kalsium dan mineral yang ada dalam tulang, khususnya pada tulang punggung, tulang belakang, hingga pergelangan tangan dengan memanfaatkan teknologi canggih X-Ray.

5. Terapkan Pola Hidup Sehat

Menjaga kesehatan tulang tak terlepas dari pola hidup sehat yang Anda lakukan. Menerapkan pola hidup sehat memungkinkan Anda untuk terhindar dari penyakit osteoporosis.

Dalam hal ini, Anda bisa menghindari untuk tidak merokok, mengkonsumsi minuman bersoda, hingga mengkonsumsi alkohol. Sebab, kebiasaan buruk tersebut akan memicu pelepasan kalsium yang menyebabkan munculnya masalah tulang.

Oleh sebab itu, pola hidup sehat sangat penting untuk Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tulang saja, tapi dengan menerapkan pola hidup sehat akan menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Mengingat osteoporosis disebabkan oleh kurangnya kalsium dan pola hidup yang tidak sehat, maka Anda harus lebih perhatian lagi terhadap kesehatan tulang Anda. Selain itu, Anda bisa menekan munculnya penyakit ini dengan mengkonsumsi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tulang Anda.

Agar tidak salah pilih suplemen, Anda dapat meminta saran dari anggota ahli farmasi pafikotamuarabungo.org terkait merk apa yang sebaiknya dikonsumsi. Dengan begitu, maka masalah tulang Anda akan berpeluang kecil untuk muncul, karena sudah dicegah sejak dini.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Menjaga Kesehatan Tulang dari Osteoporosis"