Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Usus Buntu Tanpa Operasi

Apendiks atau penyakit usus buntu bisa terjadi pada siapapun, tanpa mengenal usia dan gender. Jika mengidap penyakit ini, gejala usus buntu yang pertama adalah nyeri pada perut bagian kanan bawah.

Ini bisa menjadi lebih parah kalau tidak segera mendapatkan penanganan. Biasanya, cara mengobati usus buntu yang paling disarankan adalah operasi. Namun, apakah bisa penyakit ini sembuh tanpa tindakan operasi? Simak jawaban berikut.

Gejala Utama Usus Buntu

Sebelum ke pengobatan, Anda haruslah paham mengenai ciri-ciri usus buntu yang paling familiar. Adapun inilah beberapa gejala ataupun ciri-ciri yang perlu diwaspadai.
  • Perut membesar meski tidak mengkonsumsi banyak makanan.
  • Mengalami demam ringan
  • Tidak bisa membuang gas dan perut terasa kembung
  • Mual ataupun muntah
  • Diare yang terus-terusan terjadi
  • Hilangnya nafsu makan

Pengobatan Alternatif Usus Buntu Tanpa Operasi

Cara Mengobati Usus Buntu Tanpa Operasi

Keberhasilan mengobati usus buntu tanpa melakukan operasi memang cukup besar. Makanya, alternative ini bisa dicoba bagi para penderitanya. Inilah beberapa alternatif yang disarankan.

1. Menjaga Pola Makan dengan Makanan Tinggi Serat

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi karbohidrat bisa memicu penyakit usus buntu. Ini dikarenakan terjadinya penumpukan feses yang mengeras. Makanya, menjaga pola makan dengan makanan tinggi serat disarankan.

Hal ini sudah dirangkum dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh International Journal of Food Science and Nutrition pada tahun 2000 lalu. Menurut penelitian, ada beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan.

Sebut saja, mentimun, kacang-kacangan, wortel, tomat, brokoli, dan masih banyak lainnya.

2. Mengonsumsi Antibiotik

Terapi antibiotik juga bisa menjadi salah satu obat herbal usus buntu. Obat ini bisa Anda dapatkan dengan resep dokter. Kemudian, antibiotik juga hanya bisa dikonsumsi untuk penderita dengan kasus yang ringan.

Apabila sudah pada kasus berat, sampai menyebabkan pecahnya usus buntu, maka satu-satunya jalan adalah melakukan operasi. Dari kasus ini, Anda harus bisa membedakan ciri-ciri radang usus yang memburuk.

Makanya, apabila ada gejala yang Anda rasakan segeralah melakukan pemeriksaan supaya tidak sampai parah.

Atasi Usus Buntu Tanpa Operasi, Kenali Gejalanya dengan Baik

Menyembuhkan usus buntu memang bukan perkara yang sulit. Namun, ada beberapa kasus yang menyebabkan kematian karena lalainya penderita.

Nah, supaya Anda terus mengetahui perkembangan, gejala, ciri-ciri, hingga cara penyembuhan alternatif yang lengkap, cek informasinya di pafikabsragen.org. Situs ini tak hanya lengkap, tapi sumbernya juga akurat dan bisa dipercaya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengobati Usus Buntu Tanpa Operasi"